Rabu, 26 Januari 2011

Pura Goa Gajah yang Bersejarah

Pura Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Belahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Kata Goa Gajah bersal dari “Lwa Gajah”, yaitu nama pertapaan bagi para biksu dalam agama Budha.
          Jangan kaget kalau kalian masuk ke Goa Gajah. Pintu masuknya dipahat berbentuk Batara Kala, sebagai penjaga goa. Goa ini dibuat berbentuk huruf “T”. Begitu anda masuk goa, di bagian kanan kiri terdapat ceruk-ceruk sebagai tempat bertapa. Kadang, juga masih ada beberapa orang yang bertapa di sini untuk mendekatkan diri pada Tuhan.
          Di dalam goa juga terdapat patung Ganesha, yang dianggap sebagai dewa penyelamat dan pelindung ilmu pengetahuan. Di dinding goa terdapat prasasti. Berdasarkan jenis hurufnya, prasasti ini diperkirakan ditulis pada sekitar abad ke-11.
          Di dekat goa, ada sebuah kola besar yang dijaga enam patung bidadari. Air mancur memancar dari tangan patung-patung itu, seolah-olah mereka memang memegang air suci. Air itu sebagai symbol kesuburan.
          Pada setiap Purnama sasih Kapat di penanggalan Bali, kira-kira bulan September atau Oktober, diadakan upacara Piodalan di Pura Goa Gajah. Upacara ini diiringi dengan tarian dan gamelan tradisional Bali. Para wisatawan banyak yang tertarik dan menyaksikannya. Kalo, kalian kebetulan sedng liburan ke Bali jangan lupa ya mampir di Goa Gajah, pokoknya eksotis deh….. Dijamin ketagihan dating kesana.(putri)
konon pohon ini sudah ada sejak ratusan tahun yg lalu
kolam yg dijaga para bidadari
kompleks bangunan didepan Pura Goa Gajah
patung ganesha didalam goa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar